Sabtu, 07 Januari 2012

CARA INSTAL APLIKASI/GAME ANDROID

 
Aplikasi android yang kerap Kita install memang membuat ponsel android Kita jadi memiliki beragam fungsi. Baik untuk keperluan fotografi, entertainment, multimedia, sampai untuk urusan yang terkait dengan data dan tulisan. Namun tahukah anda kalau selain via android market, ada beberapa cara untuk menginstal beragam aplikasi android. Kali ini kami akan memberikan Panduan install aplikasi Android secara lengkap dan jelas.

Android MarketTentunya bagi Kita pemegang ponsel android, cukup akrab dengan market besutan google ini. Selain lengkap dan beragam Kita pun cukup mudah mengunduh aplikasi yang ditawarkan. Begitupun ketika aplikasi tersebut tersedia versi update, maka notifikasi ponsel menginformasikan agar Kita segera mengupdate aplikasi yang telah diunduh.

Android SDKKalau dengan cara di atas aplikasi yang ingin diinstal tersedia di android market, lalu bagaimana jika mendapatkan file APK sumber lain, misalnya dari website/forum lain yang memang menyediakan file APK untuk di instal? Nah android SDK merupakan jawaban yang tepat, Sayangnya cara ini tak mudah tapi juga tak terlalu sulit. Nah, langkah-langkahnya adalah Download dan instal program android SDK dan Android USB Driver pada PC Kita.

Cara Menggunakannya:
- Ganti settingan pada ponsel android Kita untuk mengizinkan instalasi aplikasi dari sumber daya lain. Pada menu >Setting > Application Settings > Unknown Sources. Lalu pada menu > Setting >SD Card & Phone Storage> Aktifkan koneksi ke USB.
- Langkah terakhir, buka Command Prompt Windows dan ketikkan "adb install<1 >/<2>.apk".
- Ganti <1 > dengan path yang menuju ke file APK tersimpan dan ganti <2> dengan nama file APK, sebagai contoh adb install C: angry birds.apk.
- Setelah aplikasi sudah terpasang, ponsel android Kita siap digunakan.

Android InjectorCara lainnya adalah dengan menggunakan android Injector. Apabila sudah Kita dapatkan dan download, maka Kita harus menginstalnya pada PC dan dapat Kita sematkan pada desktop. Adapun langkah-langkah menginstal aplikasi androidnya sebagai berikut :
• Koneksikan PC dengan ponsel android Kita
• Setting ponsel dengan konfigurasi : setting> app lications >development >centang tanda USB debugging.
• Jalankan aplikasi Android injector
• Klik menu >check for attach devices
• Pilih file dengan mengklik 'select file' yang dapat Kita cari aplikasi mana yang ingin Kita download
• Setelah terpilih, klik 'istal to devices', maka aplikasi akan terinstal di ponsel Kita

APK InstallerCara ini sedikit mirip dengan cara instal aplikasi android melalui android SDK, hanya bedanya cara ini lebih mudah dan lebih sederhana karena Kita tidak perlu melakukan setting pada ponsel. Dengan aplikasi ini, Kita dapat menginstal file APK yang ada di computer/PC ke ponsel android hanya dengan melakukan double klik file APK tersebut. Berikut langkah-langkahnya :
• Download aplikasi APKlnstaller dan instal dengan cara klik file bernama 'install.bat'.
• Setelah diinstal, koneksikan ponsel android Kita ke computer/PC.
• Klik 2 kali file APK yang ada di komputer yang ingin
• di instal ke ponsel android Kita.

Namun jika ingin instal APK tapi tidak ada kabel USB, Kita dapat gunakan cara lain. Misalnya Kita memindahkan file APK via kartu memori, bluetooth, atau mengirim APK ke email, lalu buka email untuk download APK. Gunakan cara yang menurut Kita mudah,yang penting agar file APK itu bisa pindah ke ponsel android Kita. Setelah file APK tersebut berada pada ponsel android Kita, sebelum mendownloadnya pastikan aktifkan dulu/check list (v) pada 'Unknown Sources' yang bisa di atur di Menu > Setting > Application.

Astro File ManagerLain lagi ketika Kita menggunakan cara via Astro File Manager. Ada banyak jenis aplikasi file manager di android market, salah satunya aplikasi file manager yang bernama ASTRO File Manager.
Kalau Kita belum memilikinya, lebih baik Kita instal dulu ASTRO File Manager ini. Jika Kita sudah ada, cari file APK yang tersimpan di kartu memori dengan menggunakan ASTRO File Manager.
Langkahnya pun mudah :
Atau Kita yang menyimpan aplikasi di AppSaver, dapat membukanya via aplikasi file manager, dan kemudian menginstal sesuka yang Kita inginkan. Dengan catatan, aplikasi yang terdapat dalam AppSaver, merupakan aplikasi yang pernah Kita download sebelumnya. lni cukup efektif pada Kita yang hobi bergonta-ganti ponsel android.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Secukupnya ..!!