Rabu, 18 Januari 2012

7 Tips Aman Untuk Memilih Perangkat Android

Tips Aman Untuk Memilih Perangkat Android , Kali ini saya akn mencoba share Tips And Trick Cara aman Untuk memilih perangkat Abdroid yang lagi trends di era saat ini. Terutama Handphone yang paling sering di pakai oleh penggunaya.

Perangkat Android yang sering kita jumpai di berbagai macam bentuk dan rupa elektronik di pasaran salah satunya yaitu Di Ponsel , Sebenarnya kebanyakan pengguna Android tidak tahu menahu dan yang paling parah tidak mau tau apa itu Android dan hanya sekedar punya untuk bergaya saja.

Nah di sini saya akan membahas banyak Tips untuk anda pengguna perangkat Android, Jangan mau anda pengguna android, tidak tau menau tentang android di ponsel anda , dan jangan hanya untuk bergaya saja tapi tau untuk apa sih android itu dan gunaya tentunya.

Salah satunya yang saya bahas di sini adalah , Banyak aplikasi android seperti game yang ada di Android Store kita jangan langsung asal comot aja dan langsung menginstal di ponsel kita yang berbasis android , kadang kala di aplikasi Android tersebuat ada spyware atau bisa juga phising scam.

Nah resikonya jika asal comot aja dan instal ke perangkat ponsel android kita ?, Bisa jadi aplikasi itu mencuri data-data pribadi dari smartphone Anda. Mungkin pula akan membuat system Anda malah bertambah berat dan membuat kinerja smartphone kian lambat atau malah hang.

Untuk mengatasi nya :

1.    Cek Rating

Setiap aplikasi Android Market mempunya star rating. Poin terbesar: bintang 5. Itulah cara termudah untuk melihat apakah aplikasi itu memang bagus dan aman. Empat atau lima bintang aplikasi itu layak instal. 


2. Baca komentar

Komentar-komentar yang ada di setiap aplikasi kadang jadi penentu keputusan yang berharga. Ketika kita bingung menentukan pilihan dari 2-3 aplikasi komentar paling positif bisa jadi lampu hijau buat Anda aplikasi mana yang harus diinstal dan kompatibel dengan device Android Anda.

3. Gunakan Google

Kalau rating dan komentar masih kurang cari review lah tentang aplikasi itu via Google atau search engine lain yang Anda percaya. Riset sebentar tak akan banyak memakan waktu dan hasilnya akan sangat berguna buat Anda di kemudian hari.

4. Cek Permissions

Setiap apps yang diinstal akan meminta Permissions akses terhadap beberapa options seperti data-data, koneksi internet, izin menggunakan menelepon, mengirimkan SMS, membaca jadwal di kalender, dan sebagainya.

Sebelumnya mungkin Anda tak tahu dan tidak menyadarinya namun pemberian Permissions yang berlebihan terhadap sebuah aplikasi akan sangat berbahaya buat device Android dan bisa jadi merugikan Anda sendiri di kemudian hari.

Untuk aplikasi yang telah terinstal Anda bisa mengecek Permissions masing-masing aplikasi di Settings > Applications > Manage Applications.


5. Waspada terhadap Update

Update aplikasi mungkin tak selamanya bagus apalagi ketika ada permintaan mengubah atau menambah Permission baru. Anda perlu cek benar penambahan Permission atau perubahan pada update aplikasi tersebut. Kalau tak tahu dan benar-benar tak mengerti mending Anda lewatkan saja.

6. Sumber Non-Market

Ekstra hati-hati kalau Anda mengaktifkan Setting & Applications dan mencontreng Unknown sources. Perlu cek benar kegunaan aplikasi yang akan Anda instal dari sana. Yang pasti, lagi-lagi, cek Permission-nya.
Yang pasti banyak sumber-sumber aplikasi Non-Market di Android.


7. Laporkan Aplikasi Mencurigakan

Kalau Anda menemukan aplikasi yang mengandung risiko keamanan segera laporkan ke Google. Meski approval dari Google sangat mudah untuk aplikasi baru di Android Market, Google akan bertindak cepat menghapus aplikasi yang dinilai berisiko besar bagi para user. Caranya gampang? Scroll paling bawah pada aplikasi tersebut di Android Market dan pilih Flag as Inappropriate.

Semoga ke 7 Tips Aman Untuk Memilih Perangkat Android , di atas bisa sebagai panduan untuk anda , dalam menjaga perangkat Android anda , teru tama Ponsel yang sudah berbasis Android , Semoga bermanfaat untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Secukupnya ..!!