Senin, 21 November 2011

Mendaftarkan Blog di Yahoo


Sama halnya dengan Google, maka Yahoo-pun menganut lokalisasi bahasa Indonesia. Saran saya gunakan Yahoo Indonesia yang beralamat di siteexplorer.search.yahoo.com/id.
Cara  Mendaftar di Yahoo Search Login, Siapkan data blog Anda, lalu buka alamat di atas.

Pada halaman diatas klik “situs saya”, Cukup  satu account yahoo untuk mendaftarkan banyak blog milik Anda. Anda wajib mengkonfirmasi kepemilikan blog tersebut setelah mendaftarkan blog-blog tersebut.
Jika belum login maka Anda akan diarahkan ke halaman login terlebih dahulu. Jika Anda telah login tampilannya akan seperti gambar di bawah ini:

Isi alamat Blog Anda dan Klik “Tambah ke Situs Saya” setelah itu Anda akan dihadapkan pada halaman berikut :

  • Otorisasi Blog di Yahoo Menggunakan Upload File
Untuk cara ini lebih mudah, sayangnya cara ini hanya berlaku buat Anda yang memiliki blog dan di hosting di server sendiri ataupun sewa ataupun Anda memiliki akses ke server hosting Anda menggunakan FTP atau Control Panel Hosting.
File ini telah disiapkan oleh Yahoo, Anda hanya tinggal mengunduhnya saja. Tipe file ini adalah berekstensi .html dan jangan mengubah isi file tersebut karena diperlukan oleh Yahoo untuk memverifikasi blog Anda.

Upload file tersebut ke root direktori atau home direktori atau biasanya di folder /public_html
Klik tombol Siap Melakukan Otentikasi jika Anda telah meletakkannya di server hosting Anda.
  • Otorisasi Blog di Yahoo Menggunakan Tag Meta
Cara ini tepat buat Anda yang memiliki blog gratis dan di hosting di server yang bukan milik Anda, misalnya di Blogger.com, WordPress.com dan lain sebagainya. Anda wajib memiliki sedikit kemampuan untuk membuka layout HTML untuk melakukan masalah ini.

Letakkan disana lalu simpan perubahan tersebut. Lalu lakukan otentikasi segera mungkin.
Ada kelemahan menggunakan cara ini dibandingkan cara pertama, yaitu jika Anda mengganti template blog. Maka yang perlu dilakukan adalah menempatkan kembali kode dari Yahoo tersebut ke dalam tag HTML Anda, jika Anda lupa maka Yahoo akan gagal melakukan indeks.

Yahoo akan melakukan pengecekan setiap 48 jam sekali, jadi pastikan blog Anda selalu online dan siap untuk diindeks.
Hal cukup penting lainnya yang perlu ditambahkan adalah RSS (Really Simple Syndication), jika Anda memilikinya ada baiknya tambahkan di menu Feed di bagian menu sebelah kiri halaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Tulis Komentar Anda Secukupnya ..!!